Kisah Cinta Presiden Soekarno dan 9 Istrinya

♠ Posted by Unknown in at 5:12 AM
Presiden Pertama Republik Indonesia - Soekarno

Tidak diragunakan lagi, beliau memilki kharisma yang luar biasa.
Kharismanya yang begitu kuat tidak hanya membuat warga Indonesia mencintainya, namun membuat para pemimpin asing menjadi segan kepadanya. Ternyata, kharisma tersebut juga berhasil menarik perhatian banyak wanita.

Selain kharisma soekarno, juga memiliki kecerdasan dan wawasan yang luas, juga didukung wajah yang tampan, sehingga banyak wanita yang tertarik kepadanya. Bung Karno juga selalu bersikap sopan dan lembut kepada setiap wanita. Siapa saja wanita yang terpesona oleh sang pemimpin dan menjadi istrinya? Berikut 9 wanita yang pernah menjadi istri Soekarno.

Oetari Tjokroaminoto - Cinta Pertam Bung Karno



Oetari adalah istri pertama sekaligus putri sulung pimpinan SAREKAT ISLAM, Said Tjokroaminoto. Said Tjokroaminoto adalah toloh candiliawan yang juga pernah menjadi guru dari Soekarno.Kisah cinta Soekarno pun berlabuh di jenjang pernikahan ketika Soekarno berumur 20 dan Oetari berumur 16 tahun.
Hubungan Oetari dan Soekarno memang tidak begitu hangan. Karena sudah saling mengenal, mereka lebih tampak seperti adik dan kakak. Mereka menikah disurabaya dan beberapan tahun setelah itu Soekarno ke Bandung untuk melanjutkan studi. Tidak lama setelah studinya dibandung Soekarno menceraikan Oetari.


Inggit Ganarsi



Inggit lahir 17 Februari 1888 yang merupakan istri kedua dan istri paling lama Soekarno. pada saat itu Soekarno tengah tinggal di sebuah rumah kost di Bandung. ketika itu beliau bertemu dengan sosok Inggit yang cantik dan teduh di tahun 1921. Mereka menikah dua tahun setelahnya.
kala itu, Soekarno berumur 20 tahun dan Inggit berusia 33 tahun saat itu, pernikahan Inggit dengan Sanusi, suaminya, pun tidak bahagia. Inggit begit telaten melayani dan mendengarkan Soekrno. Soekarno merebut Inggit dari suaminya dan menikah tahun 1923. Inggit mendampingin Soekarno dalam suka dan duka selama hampir 20 tahun. Pernikahan Soekarno dan inggit tidak dikaruniai anak. Tahun 1943, Soekarno menceraikan Inggit yang tak mau dimadu.


Fatmawati



Pada saat pembuangannya di Bengkulu, Soekarno bertemu Fatmawati. Gadis muda ini adalah putri Tokoh Muhammadiyah di Bengkulu. Usia Soekarno terpau 22 tahun lebih tua dari Fatmawati. Hungan dengan Fatmawati membuat pernikahan Soekarno dengan Inggit Ganarsih berakhir. Inggit menolak dipoligami dan memilih pulang ke Bangdung.Tanggal 1 juni 1943, Soekarno dan Fatmawati menikah. Soekarno berusia 42 tahun dan Fatma 20 tahun. Setelah Indonesia merdeka, Fatma menjadi ibu negara pertama. Dia juga menjahit bendera pusaka merah putih.Dari Fatmawati, Soekarno mendapatkan lima orang anak.
Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.


Hartini


Hartini wanita yang setia yang sempat mengisi hidup Soekarno. Saat dipinang oleh sang proklamator pada tahun 1953, Hartini berumur 29 tahun dan berstatus janda anak lima.pernikahan keduanya diawali oleh pertemuan di candi Prambanan, Jawa Tengah, saat sang kepala negara mengadakan kunjugan kerja.Dari Soekarno, Hartini melahirkan dua anak. Yakni Taufab Soekarnoputra dan Bayu Soekarnoputra. Hartini tetap menjadi istri saat masa kekuasaan Soekarno memasuki usia senja. Hartini juga tetap mempertahankan sttatus pernikahan hingga ajal menjemput Soekarno. Di pangkuan Hartinilah, Putra Sang Fajar menghembuskan napas terakhirnya di RS Gatot Subroto 21 juni 1970.


Kartini Manoppo


Kartini Manoppo di nikahi Soekarno pada tahun 1959, wanita ini merupakan salah satu istri yang paling dicintai oleh Soekarno. Bung Karno dikaruniai anak Totok Suryawan Sukarno pada tahun 1967. Bung karno jatuh cinta pada Kartini kerena melihat sebuah lukisan yang objeknya tidak lain dan tidak bukan adalah Kartini, yang sempat menjadi pramugari Garuda Indonesia. wanita inni memang datang dari keluarga terdidik dan terhormat. Hal tersebut membuat Kartini menutup rapat-rapat pernkahannya dengan Soekarno.


Ratna Sari Dewi



Ratna Sari Dewi menikah dengan Sang Ploklamator, saat  usia menginjak 19 tahun. Namun menjelang redupnya pamor Soekarno, Dewi meninggalkan Indonesia dan hidup di Perancis. Pada tahun 1983, Dewi kembali ke Indonesia. Namun setelah perceraiannya dengan Soekarno dia pergi keberbagai negara seperti Swiss, Perancis dan Amerika Serikat. Pada 2008, Dewi memutuskan untuk menetap di Shibuya, jepang. Soekarno dan Dewi memiliki putri tunggal yang diberi nama Kartika Sari Dewi Soekarno.
Ratna Sari Dewi merupakan wanita asal jepang yang dilahirkan di Tokyo 6 Februari 1940 dengan nama asli Naoko Nemoto .


Haryati 



Haryati adalah seorang penari istana sekaligus staf  Sekretaris Negara Bidang Kesenian. Karena profesinya itu, Haryati menjadi dekat dengan Soekarnoa. Soekarno pun terus menerus berusaha memikat hati Haryati yang kala itu berusia 23 tahun.
Pernikahan Soekarno dan Hayrati berlangsung pada 21 Mei 1963. Namun, pernikahan mereka hanya berlangsung selama 2 tahun. Soekarno menceraikan Haryati karena alasan tidak ada kecocokan antara keduanya.



Yurike Sanger



Soekarno betemu Yurike pada tahun 1963 dan kala itu Yurike masih berstatus sebagai pelajar SMA meski rentang usia antara keduanya cukup jauh, namun hal itu tidak menyurutkan niat Soekarno untuk merberi perhatian pada Yurike. Dia mengirimkan sang gadis belia surat cinta bahkan menghadiahinya dengan kalung. Akhirnya mereka berdua menikah pada tahun 1964.
pernikahan merka berjaln singkat karena pada tahun 1967 Bung Karno dimakzulakn secara de facto sebagai presiden. Ketika itu Soekarno meminta Yurike untuk meminta cerai karena kondisi Soekarno yang kurang baik. Maka mereka berdua bercerai baik-baik.


Heldy Djafar


Heldy Djafar merupakan gadis kelahiran Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Heldy masih berusia 18 tahun ketika Soekarno menikahinya. Sementara, Soekarno sendiri telah berusia 65 tahun. Dia merupakan istri ke sembilan
dari Soekarno. keduanya menikah pada tahun 1966. Pernikahan mereka hanya bertahan beberapa tahun. Heldy sempat meminta cerai karena situasi Indonesia dan posisi politik Bung Karno makin tidak menentu. Namun Bung Karno bersikeras bahwa hanya maut yang bisa memisahkan meraka . Akhirnya, Heldy yang kala itu berusia 21 tahun menikah lagi dengan GUsti Suriansya Noor.

Demikian beberapa kisah cinta dari Sang Ploklamator. Beberapa dari kisah cinta itu bertahan selama berpuluhan tahun hingga akhir hayat. Namun beberapa lainnya hanya seumur jagung


Hingga saat ini, masih banyak sekali beredar teori dan gosip tentang berapa banyak istri Soekarno.
Namun, sepanjang yang dicatat sejarah, sembilan wanita inilah yang pernah mengisi hidup Putrea Sang Fajar.


sumber : bintang.com











0 comments:

Post a Comment