Sejarah awal Tari Pendet dari Bali

♠ Posted by Unknown in at 9:14 PM
Tari Pendet

Bali merupakan salah satu Provinsi yang terkenal dengan keanekaragaman budaya dan eksotisme tempat wisata yang dimilikinya. Bali memiliki beberapa kesenian tari yang sudah mendunia popularitasnya. Selain Tari Pecak, Tari Pendet salah satu kesenian yang sudah tak asing lagi bagi pelancong lokal maupun manca negara. Tari ini secara rutin dipentaskan dan menjadi hiburan bagi wisatawan.





Tarian Pendet sendiri merupakan sebuah pernyataan dari persembahan yang dituangkan dalam bentuk kesenian tari. Tarian Pendet semakin populer karna kesenian ini sangat mudah di tariakan oleh semua orang dan tanpa perlu dengan latihan yang intensif.

Menurut sejarah tarian ini dahulu diciptakan oleh seorang Maestro dari bali yaitu I Wayan Rindi pada Tahun 1967. Dahulunya Tarian Pendet merupakan Tarian yang bersifat sakral dan hanya dipentaskan di Pura pada saat ada ritual keagamaan tertentu. Oleh I Wayan Rindi seni tari ini diubah menjadi kesenian yang dapat dipentaskan tidak hanya pada ritual keagamaan.

Tarian ini dibawakan oleh beberapa orang remaja putri yang dalam menarikannya membawa mangkuk dari perak dimana didalamnya diisi penuh dengan Bunga. Pada akhir pementasan,  bunga yang berada didalam mangkuk perak itu nantinya akan ditaburkan oleh para penari kepada para penonton sebagai ucapan selamat datang. Oleh karna itu Tari Pendet sering disebut sebagai Tari penyambutan.




Semoga Bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment